SEJARAH BERDIRINYA MADRASAH “AL-ISLAM”


 

Hai sobat what’ up, this is story of Al-Islam, alah omong opo tow kuwi,masa anak Al-Islam nggak bisa bahasa inggriss malu donk…orang anak TK aja bisa.
Kalo ngomongin soal Al-Islam nggak lepas dari sejarahnya,.ya pondok kita yang katanya dan kenyataanya pake tiga kurikulum yaitu numero uno salaf, numero duo pondok modern wa” numero tigo pake kurikulum depag. Iya kann…?benar apa tidak salah..?harus benar pokoknya kalao gak benar tak tukari entar, ketiga kurikulum itu di padu menjadi satu, jadilah Al-Islam dengan  kurikulum yang unik, ngemeng ngemeng soal kurikulum Al-Islam kita harus menilisik dulu asal berdiri alias sejarahnya,  udah pengen tau kisah selanjutnya? pengen gak pengen harus pengen. This is history of Al-islam from us.


Sejarah Berdiri

Madrasah ini didirikan pada tanggal 12 Muharam 1386 H atau bertepetan dengan tanggal 2 Mei 1966 M,Dengan sebab-sebab sebagai berikut:
  1. : pengembangan Agama Islam di kecamatan Mlarak dan sekitarnya 
  2. :kaderisasi Islam ( rasa tanggung jawab yang besar akan kaderisasi Islam dari wilayah mlarak)
  3. :waktu itu banyak anak-anak yang nggak bisa nerusin ke SMP. Wah nggak enak juga ya kalo nggak bisa nerusin ke SMP, bisa jadi penganguran sukses tuch….

Semua iti berdasarkan realisasi cita-cita para tokoh agama Islam ( NU ) yang ada diwilayah kecamatan Mlarak, adapun beliau-beliau tersebut yang telah andil besar dalam mendirikan pondok ini iyalah….:
1.    KH. Imam Syafa’at from Gandu
2.    KH. Maghfur Hasbullah from Joresan
3.    KH. Mahfud Hakim BA. From Gandu
4.    Kafrawi from Joresan
5.    H. Farhan Abd. Qodir from Joresan
6.    M. qomari Ridwan from Gandu
7.    KH. Imam Mahmudi from Bajang
8.    Ibnu Mundzir Abd. Kariem from joresan
9.    Bazi Haidan Abd. Kariem from joresan
10. K. Markum from suren
11. Mudlori Hajar from Joresan
12. Mirzuddin Hasbullah from Joresan
13. Asmu’I Abd. Qodir from Joresan
14. Tumiran Ahmadi from gandu
15. Moh. Yasa’ from Ngrukem
16. Masruri from Ngrukem.

setelah pondok yang pada waktu itu adalah madrasah berdiri, ditunjuklah kepala (direktur Madrasah) yaitu KH. Maghfur Hasbullah sebagai direktur pertama.

Sejarah Nama

Pada awal mulanya pondok kita yang notabene dari orang-orang NU, maka namanya masih mempunyai unsure NU. Akan tetapi karena madrasah ini tidak hanya untuk orang-orang NU namanya diganti dengan “ Madrasah Tsanawiyah Islamiah” (Aliyahnya belum ada tuh). Lambat laun namanya diganti dengan “Madrasah Tsanawiyah Aliyah Al-islam”, sesuai dengan mottonya “Melestarikan tradisi lama yang baik dan mengambil yang baru yang lebih baik” . pondok kita merubah namanya menjadi “ PONDOK PESANTREN AL-ISLAM” sampe sekarang……




0 komentar:

Posting Komentar