tasbih

Add caption
Fakta yang Menakjubkan

…………………………………………………………………………………………..
Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada didalamnya bertasbih kepada allah. Dan
tak ada satu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak
mengerti tasbih meraka. Sesungguhnya dia adalah maha pengatur dan lagi maha
pengampun.
(QS. AL-Iraa’ : 44)
...........................................................................................................................................

Istilah at-tasbih diambil dari kata as-sibaahah bermakna mengambang dan dalam bentuk bahasa arab bermakna menggerakkan fisik (materi) dengan cepat di tengah materi yang lebih rendah kepadatan materinya seperti air atau udara. Kata at-tasbih secara etimologis bermakna dzikir dengan mengagungkan dan menyucikan dari segala kekurangan. Tasbih kepada allah adalah selalu bedzikir kepada-Nya dengan segenap nama, sifat, dan perbuatan yang dia nisbatkan kepada zat-Nya yang mulia, mengagungkan dan menyucikan-Nya, mengikhlaskan ibadah kepada-Nya semata dalam ucapan dan perbuatan, menucikan-Nya dari segala sifat yang tidak layak bagi keagungan rububiah-Nya, uluhaiah-Nya, dan keesaan-Nya, dan mengakui bahwa allah SWT sematalah pemilik kekuasaan dan kerajaan-Nya.
Al-Qur’an telah menetpkan bahwa segala yang ada berupa langit, bumi, malaikat, manusia, jin, macam-macam benda hidup, dan benda mati selalu memanjatkan tasbih kepada allah SWT tanpa henti-hentinya dan terputus.
Semua mahluk hidup dan tak hidup dialam semesta ini jika dikupas secara mendalam akan kita dapatkan dasar menyusun materi, baik dari mahluk hidup maupun tak hidup yaitu berupa unsur dan molekul.
Unsur terbentu dari atom. Di dalam dunia sub atomik terdapat partikel-partikel berupa inti atom yang terdiri atas proton-proton yang bermuatan positif dan netron-netron yang bermuatan netral serta partikel elektron yang mengandung muatan negatif, yang berputar dalam putaran tertentu di sekitar inti atom yang disebut kulit atom.
Elektron memancarkan energi ketika berpindah dari kulit satu ke kulit lainnya, energi ini keluar dalam bentuk proton-proton. Energi tiap gelombang elektromagnetik dihitung dengan bilangan ketika ia memancarkan atau menyerap ikatan yang serupa dengan partikel-partikel yang memiliki energi itu, yang dinamakan foton.
Energi tiap foton sesuai dengan frekuensi radiasi yang timbul darinya. Rumusan itu dapat kita tulis
Pada partikel-partikel padat biasanya unsur-unsur dan komposisinya mengkristal dalam bentuk geometris tertentu. Tiap unsur atau komposisi itu dinamakan kristal atau hablur. Tiap-tiap bagian hablur bergetar secara terus menerusdan menghasilkan gelombang-gelombang getaran khusus yang merupakan ciri khasnya dan berfungsi membedakan dari unsur dan komposisi lainnya. Ia juga berfungsi sebagai bahasa khusus yang mengungkapkan tentang dirinya yang kita kenal dengan tasbih masing-masing benda tersebut. Lalu dari manakah sumberenergi penggerak partikel yang menyebabkan getaran gelombang suara ungkapan bahasa benda hidup maupun tak hidup? Tentu jawabannya adalah dari allah SWT Yang Maha Agung. Maha Tahu dan Maha Bijaksana.
Partikel-partikel pokok materi bergerak dalam molekul. Atom-atom bergerak dalam molekul. Dan molekul-molekul bergerak dalam materi dengan bentuk yang berbeda-beda, yaitu berupa gas, cair, dan padat dalam tubuh-tubuh mahluk hidup dan benda mati berupa tumbuh-tubuhan, bebatuan, hewan, maupun manusia.
Dalam skala besar, satelit-satelit bergerak beredar mngelilingi plane-planet, lalu bersama planet mengelilingi matahari. Kemudian, bersama matahari mengelilingi pusat galaksi dan bersama dengan galaksi mengelilingi pusat kumpulan galaksi dan bersamanya mengelilingi pusat-pusat yang lebih luas lagi sampai pada pusat alam semesta yang tak bisa di kethui oleh siapa pun, kecuali allah SWT. Dan seluruh alam semesta beserta isinya senantiasa bertasbih dengan memuji-Nya secara terus-menerus dan tak henti-hentinya. Maha suci allah dengan segala firman-Nya. Wallahu a’lam bis showab.

0 komentar:

Posting Komentar